Thursday, May 3, 2012
Visit Sabang

Surga Bawah Laut Pantai Iboih

5/03/2012
Assalamualaikum. Hari ini saya akan posting tentang Pantai Iboih. Sebenarnya Pantai Iboih bernama Pantai Teupin Layeu. Tapi karena pantai Teupin Layeu terletak di desa Iboih, warga lokal sering menyebutnya Pantai Iboih dan hingga sekarang pantai tsb lebih terkenal dengan Pantai Iboih. Pantai Iboih merupakan surganya laut di indonesia setelah bunaken. Pantai Iboih sangat dijaga kebersihan pantainya oleh warga lokal. Di pantai ini juga telah dibuat peraturan untuk tidak membuat sampah sembarangan dan tidak boleh mengambil biota-biota laut yang ada di pantai Iboih. Jadi jika Anda berkunjung ke Pantai Iboih jangan sekali-kali untuk mengambil biota laut, karena Anda akan terkena denda. 

Letak pantai Iboih berdekatan dengan pantai Gapang. Jaraknya kira-kira sekitar 5 kilometer. Untuk panoramanya sih lebih indah pantai Gapang. Tapi kalo keindahan laut dan terumbu karangya, pantai Iboih lebih menonjol. Anda pasti ingin berlama-lama di dalam laut. Fasilitas sarana dan prasarana di pantai iboih cukup lengkap dibandingkan pantai Gapang, mulai dari cottage, restoran, laundry, wifi, sewa kapal dan masih banyak lagi. Ada satu hal lagi, bagi Anda yang tidak bisa menyelam atau tidak berani, Anda bisa menyewa boat kaca. Harga sewanya 300 ribu per 10 orang. Harga tersebut tetap 300 ribu walaupun anda cuma sewa sendiri, berdua atau berapa pun, yang penting maksimal 10 orang untuk satu kapal.

Dengan boat tersebut anda pun bisa mampir ke Pulau Rubiah, jaraknya cuma 100 meter. Mengenai Pulau Rubiah tunggu aja di postingan selanjutnya.Pantai Iboih memiliki dua pantai. Pantai pertama jarang di gunakan untuk mandi menikmati air laut. Karena banyak boat yang di parkir di pinggir pantai. Tapi di pantai pertama ini cocok untuk lokasi nongkrong. Pantai pertama pun sangat padat akibat lahan parkir yang kurang serta ramainya wisatawan yang lalu lalang.

Untuk menuju pantai kedua jaraknya sekitar 50 meter dengan berjalan kaki. Selama perjalanan Anda bisa melihat pemandangan laut dan Pulau Rubiah. Karena jalanya berada di atas bukit. Di sekitar jalan tersebut juga banyak penginapan yang di sewakan. Ada juga cottage yang sedikit menjorok ke air laut. Di pantai kedua pun suasana lebih tenang dan agak tertata rapi. Di pantai kedua pun kita bisa mandi menikmati air laut.

Keadaan laut di pantai Iboih sangat tenang dan tidak ada ombak yang besar. Itu karena pantai Iboih di tutup oleh Pulau Rubiah. Jadi hanya ada arus yang terasa mendorong dari arah kanan ke kiri jika anda sedang mandi. Air lautnya pun jernih. bisa kelihatan dasar lautnya jika kita melihat dari atas bukit. Di pantai Iboih, ramai sekali wisatawan lokal maupun luar negeri yang berkunjung. Tak heran pantai Iboih berkembang pesat dengan banyak bangunan cottage yang didirikan.

Untuk harga makanan dan minuman di pantai Iboih relatif mahal. Karena jaraknya yang jauh dari perkotaan, harga makanan disini bisa dua kali lipat bahkan tiga kali lipat jika stok menipis. Satu hal lagi mengapa makanan di sini mahal adalah karena rata-rata makanannya adalah makanan luar negeri dan memakai kurensi dolar yang di rupiahkan. Tips untuk menghemat biaya, Anda bisa beli makanan dan minuman di kota sebelum berwisata di pantai Iboih. Assalamualaikum.
Disqus Comments