Thursday, April 5, 2012
Visit Sabang

Sunset Di Tugu 0 Kilometer Indonesia

4/05/2012
Assalamualkum. Hari ini saya mau ngepost tentang tugu 0 Kilometer. Sebelumnya ada yang tau gak di mana letak tugu 0 kilometer Indonesia?. Tugu 0 kilometer terletak di kota Sabang dan merupakan simbol dari titik 0 negara tercinta kita Indonesia. Dulu tugu 0 kilometer letaknya masih jauh dari titik sebenarya, kira-kira 5 kilometer. Setelah itu, dilakukan pengukuran ulang dan sampai saat ini Tugu 0 kilometer sudah di sahkan. 

Untuk mencapai tugu 0 kilometer kita harus menempuh perjalanan sejauh 28 kilometer dan naik turun gunung. Dalam perjalan banyak pemandagan laut yang indah bisa kita lihat. Tugu 0 kilometer pun berada di atas tebing curam yang berbatasan langsung dengan laut Samudra Hindia. Jika cuaca bagus, kita dapat melihat kapal-kapal besar yang sedang lewat.Sore hari adalah waktu yang paling di tunggu oleh wisatawan, karena kita bisa lihat sunset dengan jelas gan tapi kalo cuacanya lagi bagus. 

Tugu 0 kilometer juga ada seekor babi jinak yang entah dari mana asalnya. Babi ini kerap mendatangi wisatawan untuk meminta makanan. Tapi babi tersebut sudah jarang terlihat karena tugu 0 kilometer sedang dalam proses renovasi. Sampai saat ini kamis 22 oktober 2015, tugu 0 kilometer masih di renovasi. Mungkin nanti saat tugu 0 kilometer selesai di renovasi akan lebih indah. Karena dulunya tugu 0 kilometer banyak coretan tangan-tangan jahil dari wisatawan.

Sampah pun mulai berserakan di tugu 0 kilometer. Dulunya disini belum ada orang yang berjualan. Sejak tugu 0 kilometer ramai dikunjungi wisatawan dari luar sabang, para penjual pun sudah banyak yang berjualan di sekitaran tugu ini. Lokasi yang sempit membuat tugu ini semakin padat saat musim liburan, ditambah lagi banyak yang belum tau kalau tugu 0 kilometer masih di renovasi.

Kurangnya area parkir membuat orang-orang parkir sembarangan dan makin menambah kepadatan di tugu ini. Ya mungkin ini karena proses renovasi. Semoga aja saat proses renovasi berakhir, tugu 0 kilometer sudah tertata dengan rapi mulai dari tempat parkir hingga para penjual makanan. Assalamualaikum.
Disqus Comments